Kamis, 14 Mei 2020

Pemulihan Hutan Akibat COVID-19

Tahukah kalian pada bulan september 2019, dunia 
dihebohkan dengan virus COVID-19 yang mematikan banyak warga di kota Wuhan, China. Virus ini bukan hanya tersebar di kota Wuhan melainkan pada awal tahun 2020 virus ini menginfeksi banyak negara di seluruh dunia, bahkan korban yang meninggal dunia tidak main-main yaitu mencapai ribuan orang. Banyak negara yang terpapar pandemi COVID-19 ini tak terkecuali negara kita Indonesia namun bersyukurnya kita, bahwa jumlah korban yang meninggal akibat terpapar virus corona ini lebih sedikit dibandingkan yang telah sembuh dan pulih kembali.

Banyak dampak yang terjadi akibat pandemi COVID-19 . Semua aktivitas yang biasa dilakukan oleh banyak orang kini tidak sama lagi. Rutinitas setiap orang kini berubah karena pandemi ini. Sektor perekonomian kian menurun, apalagi sejak diberlakukannya psbb di berbagai kota di Indonesia. Namun, dibalik dampak negatif tersebut ada dampak positif yang kita rasakan seperti berkurangnya polusi dan pencemaran baik air,suara,tanah dll. Lalu bagaimana dengan sumberdaya yang tersedia? Seperti sumber daya hutan?.

Apakah kalian tahu? Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible). Sumber daya ada yang dapat berubah, baik menjadi semakin besar maupun hilang, dan ada pula sumber daya yang kekal (selalu tetap). Sedangkan sumberdaya hutan merupakan sumber daya yang dapat diperbarui dengan berbagai syarat penting yang harus diketahui, sumberdaya hutan tersebut dibagi atas dua jenis yaitu sumberdaya hutan kayu dan sumberdaya hutan non-kayu.

Pada sumberdaya hutan mengalami dampak perubahan yang terjadi, dampak positif dari pandemi ini dimana pada saat diberlakukannya psbb para penebang pohon kini sudah tidak sebanyak sebelum diberlakukannya psbb. Sebuah fenomena yang jarang untuk dilihat, dimana kita tahu bahwa banyak terjadi kasus penebangan hutan hampir setiap harinya sebelum adanya pandemi COVID-19. Hewan-hewan di hutan kini telah mendapatkan habitatnya kembali dimana selama ini hewan-hewan  tersebut hanya merasakan ke khawatiran akan para pemburu, kini mereka sudah bebas menjelajahi hutan untuk mencari makan . 

Selain adanya dampak positif ada pula dampak negatif dari COVID-19 ini yaitu pada usaha yang memanfaatkan hasil hutan seperti mebel, dan kegiatan ekpor kini tidak berjalan dengan baik, dimana semua kegiatan yang biasanya berlangsung dengan baik kini terkendala akibat psbb tersebut.  

Apakah kalian tau, dampak dari hutan bagi keberlangsungan hidup kita di dunia ini? sangat melimpah pengaruh dari adanya hutan bagi kehidupan kita, kebayang tidak kalau kita tidak punya hutan lagi? Semua hewan akan berusaha masuk ke pemukiman untuk mempertahankan hidup, selain itu ekosistem juga tidak akan seimbang, kita akan kekurangan oksigen atau bahkan tidak akan ada kehidupan. Maka dari itu, kita harus jaga hutan kita, bukan hanya ketika ada pandemi seperti ini saja barulah kita membiarkan hutan kita pulih kembali.

7 komentar: