Senin, 25 Mei 2020

Rusaknya Alam akibat ulah kita

Halo ! ! !
Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang kerusakan alam, nah teman-teman pasti tau kan bagaimana keadaan alam sekitar kita saat ini ? Alasan itu lah maka saya menganggkat judul ini , sebelumnya kita harus tau apa sih itu alam . Alam ( dalam artian luas memiliki makna yang setara dengan dunia alam , dunia fisik , atau dunia materi ) mengacu kepada fenomena dunia fisik dan juga kehidupan secara umum . Skala alam terbentang dari sub-atomik sampai kosmik . Studi tentang alam adalah bagian besar dari ilmu pengetahuan . Meskipun manusia adalah bagian dari alam , kegiatan manusia sering dipahami sebagai kategori terpisah dari fenomena alam lainnya . Jadi dalam berbagai penggunaan kata tersebut pada saat ini , " alam " sering mengacu kepada geologi dan kehidupan liar . Kata alam mungkin mengacu secara umum ke berbagai jenis tanaman hidup dan hewan , dan dalam beberapa kasus ke proses yang berhubungan dengan benda mati – mengenai keberadaan jenis - jenis tertentu suatu benda dan bagaimana mereka berubah dengan sendirinya , seperti cuaca dan geologi di Bumi , dan materi serta energi , dari mana semua hal-hal tersebut tersusun dari nya . Kata ini sering diartikan sebagai " lingkungan alam " atau hewan liar , batu , hutan , pantai , dan secara umum hal-hal yang belum diubah secara substansial oleh campur tangan manusia , atau yang bertahan meskipun ada intervensi manusia . Konsep yang lebih tradisional dari hal - hal alami tersebut , yang masih dapat di temukan hari ini , menyiratkan perbedaan antara alami dan buatan , yang dimaksud dengan kata buatan di pahami sebagai hasil kesadaran atau pikiran manusia . Tergantung pada konteks tertentu , istilah " alam " juga dapat di bedakan dari yang tidak wajar , supernatural , atau sintetis.

Di dalam alam ini mencakup beberap bagian misalnya seperti bumi , bumi  adalah satu - satunya planet yang diketahui saat ini yang dapat mendukung kehidupan , dan fitur alamnya adalah subyek dari banyak bidang penelitian ilmiah . Di Tata Surya , planet ini merupakan planet ketiga terdekat dari Matahari , merupakan planet terestrial terbesar dan planet terbesar kelima secara keseluruhan . Fitur iklim yang paling menonjol adalah dua daerah kutub besar , dua zona beriklim sedang yang sempit , dan daerah  khatulistiwa  tropis sampai sub - tropis yang lebar . Kehidupan telah mengubah keadaan atmosfer Bumi , yang menciptakan keseimbangan ekologi yang menstabilkan kondisi permukaan . Meskipun ada variasi iklim regional akibat posisi lintang dan faktor geografis lain nya , iklim global jangka panjang rata-rata cukup stabil selama periode interglasial , dan variasi satu atau dua derajat dari suhu global rata-rata secara historis memiliki efek besar pada keseimbangan ekologis , dan pada kondisi aktual geografi Bumi .

Di dalam bumi terdapat ekosistem , gagasan utama dalam konsep ekosistem adalah bahwa organisme hidup berinteraksi dengan setiap elemen lain nya dalam lingkungan lokal mereka . Eugene Odum , penemu konsep ekologi , menyatakan : " Setiap satuan yang mencakup semua organisme ( yaitu : " komunitas " ) di daerah tertentu yang berinteraksi dengan lingkungan fisik , sehingga aliran energi mengarah ke struktur trofik , keragaman biotik , dan siklus materi ( yaitu : pertukaran bahan antara bagian yang hidup dan yang tak hidup ) yang jelas dalam sistem merupakan sebuah ekosistem .  Dalam ekosistem, spesies-spesies terhubung dan bergantung satu sama lain dalam rantai makanan dan pertukaran energi - materi , antara mereka maupun dengan lingkungan mereka . Konsep ekosistem manusia di dasar kan pada dekonstruksi dikotomi manusia / alam dan premis , bahwa semua spesies secara ekologis terintegrasi satu sama lain , serta dengan konstituen abiotik dari biotop mereka . Ekosistem selalu berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan ,  meskipun tidak ada kesepakatan untuk definisi kehidupan , para ilmuwan umum nya menerima bahwa ciri kehidupan adalah organisasimetabolisme , pertumbuhan , adaptasi , respon terhadap rangsangan dan reproduksi . Hidup juga dapat di katakan sebagai sekadar karakteristik organisme . Sifat umum bagi organisme terestrial ( tumbuhan , hewan ,  jamurprotistaarchaea dan bakteri ) adalah bahwa mereka terdiri dari sel , berbasis karbon dan air dengan organisasi yang kompleks, memiliki metabolisme, kapasitas untuk tumbuh , menanggapi rangsangan , dan bereproduksi . Suatu entisitas dengan sifat ini ,  umum nya dianggap hidup . Namun , tidak semua definisi kehidupan menganggap semua sifat ini penting . Analog kehidupan buatan manusia juga dapat dianggap memiliki kehidupan .
Biosfer adalah bagian terluar Bumi - termasuk tanah , batuan permukaan , air , udara dan atmosfer - yang di dalam nya ada kehidupan . Dari sudut pandang terluas geofisik , biosfer adalah sistem ekologis global yang mengintegrasi kan semua makhluk hidup dan hubungan mereka , termasuk interaksi mereka dengan unsur litosfer ( batuan ) , hidrosfer ( air ) , dan atmosfer ( udara ) . Saat ini seluruh bumi terdapat lebih dari 75 miliar ton ( 150 triliun pon atau sekitar 6,8 x 1013 kg ) biomassa . Lebih dari sembilan - per- sepuluh dari total biomassa di Bumi adalah tanaman ( kehidupan hewan sangat tergantung kepadanya ) .  Lebih dari 2 juta spesies tumbuhan dan hewan telah diidentifikasi sampai saat ini ,  dan perkiraan jumlah aktual spesies yang ada berkisar  yaitu dari beberapa juta sampai lebih dari 50 juta .  Jumlah spesies hidup terus berada dalam beberapa aliran , dengan spesies baru bermunculan dan yang lain nya punah secara terus menerus . Jumlah total spesies saat ini sedang dalam penurunan yang sangat cepat , sebuah satuan yang lebih kecil dari ekosistem disebut mikro – ekosistem . Sebagai contoh , mikro - ekosistem bisa berupa batu dan semua kehidupan di bawahnya .

Kehidupan di bumi ini pastinya tidak lepas dari yang nama nya lingkungan hidup , teman – teman tau tidak apa itu lingkungan hidup ? , saya akan menjelasakan beberapa pengertian lingkungan hidup menurut beberapa ahli namun sebelum nya kita harus mengetahui pengertian dari lingkungan . Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah , air , energi surya , mineral , serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan , dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia , seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut .  Lingkungan juga dapat di artikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia . Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik . Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah , udara , air , iklim , kelembaban , cahaya , bunyi . Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan , hewan , manusia dan mikro-organisme ( virus dan bakteri ) . Ilmu yang mempelajari lingkungan adalah ilmu lingkungan atau ekologi Ilmu lingkungan adalah cabang dari ilmu biologi , yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia .

Lingkungan , di Indonesia sering juga disebut " lingkungan hidup ". Misalnya dalam Undang-Undang no . 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup , definisi Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda , daya , keadaan , dan makhluk hidup , termasuk manusia , dan perilaku nya , yang memengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain .  Menurut A . F . A Pengertian lingkungan hidup bisa di katakan sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar manusia atau makhluk hidup yang memiliki hubungan timbal balik dan kompleks serta saling mempengaruhi antara satu komponen dengan komponen lainnya . Sedang kan menurut 
1 . Jonny Purba : Lingkungan hidup merupakan suatu wilayah yang merupakan tempat dari berlangsung nya bermacam - macam interaksi sosial di antara berbagai kelompok beserta juga peranan nya dengan simbol serta nilai.
2 . Sri Hayati : Lingkungan hidup merupakan suatu kesatuan ruang dengan semua benda dan juga keadaan makhluk hidup , yang termasuk di dalam nya adalah manusia serta juga perilaku nya yang melangsung kan peri kehidupan serta kesejahteraan manusia dan juga makhluk hidup lain nya .
3 . Munajat Danusaputra : Lingkungan hidup merupakan semua benda dan juga kondisi yang termasuk di dalam nya manusia dan juga aktifitas nya , yang terdapat didalam ruang yang mana manusia itu berada serta mempengaruhi kelangsungan hidup dan juga kesejahteraan manusia serta jasad hidup lainnya .
4 . Emil Salim : Lingkungan hidup merupakan segala benda , kondisi , keadaan , serta juga pengaruh yang terdapat dalam suatu ruangan yang kita tempati serta juga mempengaruhi hal yang hidup termasuk di dalam kehidupan manusia .
Pengertian lingkungan hidup yang lebih mendalam menurut UU No 23 tahun 2007 adalah kesatuan ruang dengan semua benda atau kesatuan makhluk hidup termasuk di dalam nya ada manusia dan segala tingkah lakunya demi melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia maupun mahkluk hidup lain nya yang ada di sekitar nya . Dengan kemampuan yang dimiliki nya , manusia tidak hanya dapat menyesuaikan diri . Akan tetapi , manusia juga dapat memanfaat kan potensi lingkungan untuk lebih mengembang kan kualitas kehidupan nya . Bagi manusia , selain sebagai tempat tinggal nya lingkungan hidup juga dapat dimanfaatkan sebagai :
1 . Media penghasil bahan kebutuhan pokok ( sandang , pangan , dan papan ) .
2 . Wahana bersosialisasi dan berinteraksi dengan makhluk hidup atau manusia lain nya
3 . Sumber energi .
4 . Sumber bahan mineral yang dapat di manfaatkan untuk mendukung kelangsungan hidup  manusia ; serta
5 . Media ekosistem dan pelestarian flora dan fauna serta sumber alam lain yang dapat
dilindungi untuk dilestarikan .

Lingkungan hidup sering disebut juga dengan lingkungan alam , yaitu lingkungan yang ada di sekitar kita dan di ciptakan secara alami tanpa ada nya campur tangan manusia sedikit pun . contohnya ,
1. Sungai  , Sungai adalah aliran air alami , biasanya air tawar , yang mengalir menuju samudra , danau , laut atau sungai lain . Dalam beberapa kasus , sebuah sungai mengalir ke dalam tanah atau mengering sepenuh nya sebelum mencapai kumpulan air yang lain . Sungai    - sungai kecil juga dapat disebut dengan nama lain , termasuk arus , aliran , selokan , anak sungai , dan rill , tidak ada aturan umum yang mendefinisikan apa yang bisa disebut sungai . Banyak nama untuk sungai - sungai kecil yang spesifik untuk lokasi geografis ; salah satu contoh nya adalah Burn di Skotlandia dan Inggris Timur Laut . Kadang-kadang sungai di katakan lebih besar dari anak sungai , tetapi ini tidak selalu terjadi , karena ketidak jelasan dalam bahasa .  Sebuah sungai merupakan bagian dari siklus hidrologi . Air di dalam sungai umum nya terkumpul dari curah hujan melalui limpasan permukaan , air tanah yang mengisi ulang , mata air , dan pelepasan simpanan air yang di simpan dalam es alam dan snowpacks ( yaitu , dari gletser ) .
2. Danau , Danau merupakan kumpulan cairan di permukaan Bumi yang terkumpul ke dasar cekungan dan mengalir perlahan - lahan jika memang mengalir . Di daratan , kumpulan air di anggap danau ketika berada di tengah daratan , bukan bagian dari samudra , lebih besar dan lebih dalam dari kolam , dan dialiri oleh sebuah sungai . Dunia selain Bumi yang dikenal memiliki danau adalah Titan , bulan terbesar Saturnus , yang memiliki danau etana yang kemungkinan besar bercampur dengan metana . Tidak diketahui apakah danau Titan dialiri oleh sungai , meskipun di permukaan Titan ditemui banyak jalur sungai . Danau alam di Bumi umum nya di temui di daerah pegunungan , zona retak , dan daerah dengan glasiasi yang sedang berlangsung atau yang baru . Danau lain nya di temukan di cekungan endorheik atau di sepanjang jalur sungai yang lebih tua . Di beberapa bagian dunia , ada banyak danau karena pola drainase yang kacau selama Zaman Es terakhir . Semua danau bersifat sementara dalam skala waktu geologis karena danau perlahan-lahan akan terisi oleh sedimen atau tertumpah keluar dari cekungan .
3 . Gunung , Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitar nya . Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi di bandingkan dengan daerah sekitar nya . Sebuah gunung biasa nya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit , tetapi ada kesamaaan , dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal . Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu ; misalnya , Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki ( 610 m ) agar bisa di definisikan sebagai gunung . Sebuah gunung biasa nya terbentuk dari gerakan tektonik lempenggerakan orogenik atau gerakan epeirogenik . Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung .
4 . Laut , Laut adalah sebuah tubuh air asin besar yang dikelilingi secara menyeluruh atau sebagian oleh daratan .  Dalam arti yang lebih luas , " laut " adalah sistem perairan samudra berair asin yang saling terhubung di Bumi yang dianggap sebagai satu samudra global atau sebagai beberapa samudra utama . Laut mempengaruhi iklim Bumi dan memiliki peran penting dalam siklus airsiklus karbon , dan siklus nitrogen . Meski pun laut telah di jelajahi dan di arungi sejak zaman prasejarah , kajian ilmiah modern terhadap laut yaitu oseanografi baru di mulai pada masa ekspedisi HMS Challenger dari Britania Raya pada tahun 1870 - an .  Laut pada umum nya di bagi menjadi lima samudra besar yang meliputi empat samudra yang diakui Organisasi Hidrografi Internasional  ( yaitu Samudra  AtlantikPasifikHindia , dan Arktik ) dan Samudra Selatan ; serta bagian yang lebih kecil , seperti Laut Tengah , yang di kenal sebagai laut . Akibat pergeseran benua , saat ini Belahan Bumi Utara memiliki rasio antara luas daratan dan laut yang lebih seimbang (  yaitu sekitar 2 : 3 ) dari pada Belahan Bumi Selatan yang nyaris keseluruhan merupakan samudra (  yaitu 1 : 4 , 7 ) . Kadar salinitas di samudra lepas secara umum bernilai sekitar 3 , 5 % , tetapi variasi dapat di temukan di perairan yang lebih di kelilingi daratan , di dekat muara sungai besar , atau di kedalaman besar . Sekitar  85 %  dari zat yang terlarut di lautan lepas adalah natrium klorida . Perbedaan salinitas dan suhu di antara wilayah - wilayah laut menimbul kan arus termohalin . Pengaruh ombak , yang dihasilkan oleh angin dan oleh pasang surut laut , menimbul kan arus permukaan . Arah aliran arus di atur oleh daratan di permukaan dan bawah laut serta oleh efek Coriolis akibat rotasi Bumi .
5 . Hutan , Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lain nya . Kawasan - kawasan semacam ini terdapat di wilayah - wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida ( carbon dioxide sink ) , habitat hewan , modulator arus hidrologika , serta pelestari tanah , dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting . Hutan menurut Undang - Undang tentang Kehutanan Nomor 41 tahun 1999 ,  adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang di dominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungan nya yang satu dengan lain nya tidak dapat di pisahkan . . Pohon adalah tumbuhan cukup tinggi dengan masa hidup bertahun – tahun . Jadi , tentu berbeda dengan sayur - sayuran atau padi - padian yang hidup semusim saja . Pohon juga berbeda karena secara mencolok memiliki sebatang pokok tegak berkayu yang cukup panjang dan bentuk tajuk ( mahkota daun ) yang jelas . Suatu kumpulan pepohonan dianggap hutan jika mampu menciptakan iklim dan kondisi lingkungan yang khas setempat , yang berbeda dari pada daerah di luar nya . Jika kita berada di hutan hujan tropis , rasanya seperti masuk ke dalam ruang sauna yang hangat dan lembap , yang berbeda dari pada daerah perladangan sekitarnya .  Pemandangan nya pun berlainan . Ini berarti segala tumbuhan lain dan hewan ( hingga yang sekecil – kecil nya ) , serta beraneka unsur tak hidup lain termasuk bagian - bagian penyusun yang tidak terpisah kan dari hutan . Hutan sebagai suatu ekosistem tidak hanya menyimpan sumber daya alam berupa kayu , tetapi masih banyak potensi non kayu yang dapat di ambil manfaat nya oleh masyarakat melalui budidaya tanaman pertanian pada lahan hutan . Sebagai fungsi ekosistem hutan sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air , penghasil oksigen , tempat hidup berjuta flora dan fauna , dan peran penyeimbang lingkungan , serta mencegah timbul nya pemanasan global . Sebagai fungsi penyedia air bagi kehidupan hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting , hal ini dikarenakan hutan adalah tempat tumbuh nya berbagai tanaman . Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia . Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin , di dataran rendah maupun di pegunungan , di pulau kecil maupun di benua besar . Hutan merupakan suatu kumpulan tumbuhan dan juga tanaman , terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu lain , yang menempati daerah yang
cukup luas .

Dalam lingkungan hidup pasti terdapat beberapa makhluk hidup yang hidup dan berkembang di sekitar kita seperti hewan sebagai kategori memiliki beberapa karakteristik yang umumnya membedakan mereka dari makhluk hidup lain nya . Hewan bersifat eukariotik dan biasanya multiseluler yang membedakan mereka dari bakteri , archaea dan protista . Mereka bersifat heterotrof dan umum nya mencerna makanan dalam ruang internal , yang membeda kan mereka dari tanaman dan ganggang . serta tumbuhan - tumbuhan adalah organisme eukariota multiseluler yang tergolong ke dalam kerajaan Plantae . Di dalamnya terdiri atas beberapa bagian yakni , tanaman berbungaGymnospermae atau Tumbuhan berbiji terbukaLycopodiopsidapaku - pakuanlumut , serta sejumlah alga hijau . Namun , selain hewan serta tumbuhan ada juga yaitu mikroorganisme Bentuk kehidupan pertama yang berkembang di bumi adalah mikrob , dan mereka merupakan satu - satunya bentuk kehidupan di planet ini sampai sekitar satu miliar tahun yang lalu ketika organisme multi - seluler mulai muncul .  Mikroorganisme adalah organisme bersel tunggal , yang umum nya berukuran mikroskopis dan lebih kecil dari ukuran yang bisa di lihat oleh mata manusia . Mereka meliputi bakteri ,  jamurarchaea , dan protista . Bentuk kehidupan ini di temukan di hampir setiap lokasi di Bumi yang ada air , termasuk di interior batuan dalam planet .  Reproduksi mereka cepat dan berlimpah . Kombinasi dari tingkat mutasi yang tinggi dan kemampuan transfer gen horizontal  membuat mereka mudah beradaptasi dan mampu bertahan hidup di lingkungan baru , termasuk luar angkasa . Mereka membentuk suatu bagian penting dalam ekosistem planet . Namun , beberapa mikroorganisme bersifat patogen dan dapat menimbulkan risiko
kesehatan bagi organisme lain .
Ada beberapa manfaat dari lingkungan hidup tersebut yaitu
1 . Udara digunakan untuk bernapas . Oksigen merupakan gas yang vital bagi kehidupan mahluk hidup . Tumbuhan memanfaatkan Karbon dioksida dalam proses fotosintesis .
2 . Air di gunakan untuk minum dan memenuhi kebutuhan hidup sehari - hari seperi mandi , mencuci dan industri .
3 . Bahan pangan untuk mahluk hidup . Lahan yang subur dan kaya nutrisi akan menghasil kan bahan pangan vital seperti padi , ketela , ubi , sayuran , buah - buahan untuk kelangsungan hidup manusia .
4 . Hutan berfungsi mengatur keadaan udara dan air . Hutan dapat menyedia kan oksigen yang melimpah dan menyerap karbon dioksida , sehingga suhu tidak terlalu panas . Hutan juga dapat mengatur tata air dan mencegah erosi . Saat musim hujan tidak akan ada banjir dan musim kemarau tidak kekeringan panjang .
5 . Bahan galian yang bila di manfaatkan dapat meningkat kan pendapatan dan sebagai bahan baku industri . Seperti ,  Emas di gunakan untuk perhiasan , minyak bumi untuk bahan bakar , batubara untuk energi .
6 . Sumber energi seperti angin , tenaga matahari , air , panas bumi dapat di manfaatkan untuk pembangkit listrik .
7 . Lahan dan tanah dapat di manfaatkan untuk berbagai fungsi seperti pemukiman , perkotaan , dan lain nya .
8 . Hewan dan tumbuhan dapat digunakan sebagai sumber makanan ; serta
9 . Mikroorganisme berperan dalam mengurai sisa - sisa jasad hidup yang telah mati .

Namun , di balik itu semua apakah teman – teman tau bahwa lingkungan hidup di sekitar kita kini telah tercemar ? saya akan menjelaskan tentang pencemaran itu sendiri .
Pencemaran adalah masuk atau di masukkannya mahluk hidupzatenergi dan / atau komponen lain ke dalam air atau udara . Pencemaran juga bisa berarti berubah nya tatanan ( komposisi ) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam , sehingga kualitas air / udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkan nya .
Untuk mencegah terjadi nya pencemaran terhadap lingkungan oleh berbagai aktivitas industri dan aktivitas manusia , maka di perlukan pengendalian terhadap pencemaran lingkungan dengan menetapkan baku mutu lingkungan . Pencemaran terhadap lingkungan dapat terjadi di mana saja dengan laju yang sangat cepat , dan beban pencemaran yang semakin berat akibat limbah industri dari berbagai bahan kimia termasuk logam berat . Nah , berikut
beberapa jenis  pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar .
1 . Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danausungailautan dan air tanah akibat aktivitas manusia . Danau , sungai , lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi . Selain mengalirkan air juga mengalir kan sedimen dan polutan . Berbagai macam fungsi nya sangat membantu kehidupan manusia . Pemanfaatan terbesar danau , sungai , lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian , bahan baku air minum , sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah , bahkan sebenar nya berpotensi sebagai objek wisata .Walaupun fenomena alam seperti gunung berapibadaigempa bumi dll .juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air, hal ini
tidak dianggap sebagai pencemaran .

2 . Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisikkimia , atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia , hewan , dan tumbuhan , mengganggu estetika dan kenyamanan , atau merusak properti .
Pencemaran udara dapat di timbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia . Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suarapanasradiasi atau polusi cahaya di anggap sebagai polusi udara . Sifat alami udara mengakibat kan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokalregional , maupun global .
Pencemaran udara di dalam ruangan dapat mempengaruhi kesehatan manusia sama buruk nya dengan pencemaran udara di ruang terbuka . Pencemar udara di bedakan menjadi dua yaitu , pencemar primer dan pencemar sekunder . Pencemar primer adalah substansi pencemar yang di timbulkan langsung dari sumber pencemaran udara . Karbon monoksida adalah sebuah contoh dari pencemar udara primer karena ia merupakan hasil dari pembakaran . Pencemar sekunder adalah substansi pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer . Pembentukan ozon dalam smog fotokimia adalah sebuah contoh dari pencemaran udara sekunder . Belakangan ini tumbuh keprihatinan akan efek dari emisi polusi udara dalam konteks global dan hubungan nya dengan pemanasan global yg memengaruhi ;
Aktivitas manusia yang menyebabkan pencemaran udara
- Transportasi
- Industri
- Pembangkit listrik
- Pembakaran ( perapian , kompor ,  furnace , insinerator dengan berbagai jenis bahan bakar ) termasuk pembakaran biomassa secara tradisional
- Gas buang pabrik yang menghasilkan gas berbahaya seperti CFC
Sumber alami yang menyebabkan pencemaran udara
Dalam kondisi tertentu, vegetasi dapat menghasilkan senyawa organik volatil yang signifikan yang mampu bereaksi dengan polutan antropogenik membentuk polutan sekunder
Sumber-sumber lain
- Transportasi
- Kebocoran tangki gas
- Uap pelarut organik
3 . Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami . Pencemaran ini biasa nya terjadi karena : kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial ; penggunaan pestisida ; masuk nya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub – permukaan ; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak , zat kimia atau limbah ; air limbah dari tempat penimbunan sampah , serta limbah industri yang langsung di buang ke tanah dengan tidak memenuhi syarat ( illegal dumping ) . Ketika suatu zat berbahaya / beracun telah mencemari permukaan tanah , maka ia dapat menguap , tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah . Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah . Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atas nya . Paparan kronis ( secara terus – menerus ) terhadap benzena pada konsentrasi tertentu dapat meningkat kan
kemungkinan terkena leukemia .

4 . Pencemaran logam adalah masuk nya zat logam ke dalam tempat yang tidak semesti nya dan sangat berbahaya , baik bagi tubuh ataupun lingkungan . Sebagian besar berasal dari proses industri dan pertambangan , ternyata pencemaran logam berat yang berasal dari alami pun bisa terjadi . Misalnya logam yang di bebaskan dari proses kimiawi dan aktifitas gunung berapi , logam yang di transportasi oleh ikan dari atmosfer berupa partikel debu , serta dari abrasi pantai . Beberapa jenis logam berat antara lain sebagai berikut : Al ( aluminium ) , Hg ( merkuri ) , Pb ( plumbum  / timbal ) , Zn ( zinc / seng ) , Cr ( chromium ) , Cu ( cufrum  / tembaga ) , Cd ( cadmium ) , Co ( cobalt ) , dan lain sebagai nya . Beberapa dari logam berat berdampak negatif terhadap tubuh manusia misal nya timbul nya beberapa penyakit berbahaya . Contoh nya saja pada logam berat merkuri ( Hg ) , dewasa ini penggunaan merkuri sangat marak di berbagai produk kosmetik dengan tujuan agar kulit si pemakai akan tampak putih . Padahal tidak demikian , hydragyrum / merkuri jika masuk kedalam tubuh akan menimbulkan dampak yang sangat berbahaya , misalnya kulit akan menjadi lebih gelap dan kusam ( ketika kosmetik di hentikan pemakaian nya ) , keguguran , dan lebih parah nya akan mengakibat kan kanker kulit . Logam berat akan lebih berbahaya apabila telah tercemar kelingkungan , misal nya pencemaran logam berat terhadap air . Jenis logam berat yang bisa mencemari air itu salah satu nya Cd ( Cadmium ) , Cadmium tercemar dalam air akibat dari proses pertambangan , buangan industri , dan pengelasan logam . Air menjadi tidak layak di konsumsi lagi karena sudah tercemar oleh logam berat , apabila di konsumsi akan berakibat fatal terhadap tubuh misalnya timbul tekanan darah tinggi , kerusakan jaringan ginjal testibuler , dan kerusakan sel - sel darah merah . Sedangkan untuk kerusakan lingkungan akan berdampak terhadap kehidupan air . Kehidupan air akan sangat terancam apabila logam berat tercemar di sungai , danau , atau laut . Terutama terhadap ikan - ikan yang hidup disungai yang tercemar logam berat . Pengaruh toksisitas Cd , Ni dan Cr pada morfologi ingsang ikan ikan salmon . Ikan akan mengalami hipoksia ( karena kesulitan mengambil oksigen dari air ) , sehingga menjadi penebalan pada sel epitel ingsang dan berakibat ikan kurang mampu
berenang , ( oleh Hughes , dkk . 1979 ) .

5 . Pencemaran suara adalah keadaan di mana masuknya suara yang masuk terlalu banyak sehingga mengganggu kenyamanan lingkungan manusia . Pencemaran suara cukup menjadi ancaman serius bagi kualitas lingkungan terutama dibagian suasana . Sumber pencemaran suara adalah kebisingan , yaitu bunyi atau suara yang dapat mengganggu dan merusak pendengaran manusia . Bunyi disebut bising apabila intensitas nya telah melampaui 50 desibel . Suara dengan intensitas tinggi, seperti yang dikeluarkan oleh banyak mesin industri , kendaraan bermotor , dan pesawat terbang bila berlangsung secara terus - menerus dalam jangka waktu yang lama dapat mengganggu manusia , bahkan menyebabkan cacat pendengaran yang permanen .
Pentingnya menjaga lingkungan wajib harus kita tanamkan sejak dini . Penebangan hutan secara liar / pembakaran hutan , polusi air dari limbah industri dan pertambangan , polusi udara di daerah perkotaan , dan masalah mengenai rusak nya lingkungan kita khusus nya di Indonesia bukan merupakan masalah yang baru lagi , yang seharus nya dibenahi sesegera mungkin . Bagaimana tidak , masalah ini tidak luput dari peran pemerintah dan masyarakat
yang harus berdampingan menjaga lingkungan kita ini .

Lingkungan yang merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup yang ada di muka bumi , termasuk manusia , hewan , dan tumbuhan harus kita jaga kelestarian nya . Lingkungan sangat penting bagi kelangsungan hidup bagi makhluk hidup . Karena apabila lingkungan tidak ada maka manusia , hewan , dan tumbuhan tidak dapat bertahan hidup . Namun , sekarang lingkungan mengalami kerusakan . Itu semua akibat ulah dari manusia yang tidak bertanggung jawab . Contoh nya saja seperti menebang pohon secara liar yang tidak diselingi dengan penanaman pohon kembali sehingga hutan menjadi gundul dan tanah tidak dapat menyerap air bahkan pohon tidak dapat menghirup karbondioksida di udara , penambangan batu bara secara terus - menerus yang dapat menyebab kan tanah yang di keruk semakin habis dan akan rusak , penggunaan kendaraan bermotor dan pendirian industri yang menyebabkan asap pabrik pada rumah kaca sehingga tinggi nya emisi gas buang di udara yang mengakibatkan polusi udara dan pemanasan suhu di bumi , serta membuang sampah sembarangan yang berdampak buruk pada kehidupan makhluk hidup . Ulah manusia tersebut dapat berakibat fatal , mereka berani mengatas namakan bisnis dan mengesamping kan lingkungan tanpa memikirkan anak cucu mereka kelak . Mungkin berbuat itu sangat mudah tapi kalau mengembalikan nya seperti semula sangat sulit .

Oleh sebab itu , agar bencana alam tidak terulang terus – menerus , kita sebagai manusia yang hidup di muka bumi yang telah di berikan kekayaan alam yang melimpah , seharus nya kita berterima kasih kepada Tuhan dengan cara menjaga dan melestarikan lingkungan ini . Mulai
dari sekarang marilah kita membenahi lingkungan kita .

Namun , tahukah teman - teman pada bulan september  2019 , dunia di hebohkan dengan virus Covid-19 yang mematikan banyak warga di kota Wuhan , China . Virus ini bukan hanya tersebar di kota Wuhan , China melainkan pada awal tahun  2020 virus ini menginfeksi banyak negara di seluruh dunia , bahkan korban yang meninggal dunia tidak main - main yaitu mencapai ribuan orang . Banyak negara yang terpapar pandemi Covid-19 ini tak terkecuali negara kita Indonesia namun bersyukurnya kita , bahwa jumlah korban yang meninggal akibat terpapar virus corona ini lebih sedikit di bandingkan yang telah sembuh dan pulih kembali . Banyak dampak yang terjadi akibat pandemi Covid-19 . Semua aktivitas yang biasa di lakukan oleh banyak orang kini tidak sama lagi . Rutinitas setiap orang kini berubah karena pandemi ini . Sektor perekonomian kian menurun , apalagi sejak di berlakukan nya psbb di berbagai kota di Indonesia . Namun , dibalik dampak negatif tersebut ada dampak positif yang kita rasa kan seperti berkurang nya polusi dan pencemaran baik air ,suara , tanah dll . Maka dari itu , kita harus jaga lingkungan sekitar kita , bukan hanya ketika ada pandemi seperti ini saja barulah kita membiarkan lingkungan jidup di sekitar kita pulih kembali . Mari jaga kehidupan dengan melakukan hal – hal kecil , seperti membuang sampah pada tempat nya , tidak menciptakan polusi udara di antara nya dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan lebih baik menggunakan fasilitas umum namun alangkah lebih baik lagi bila menggunakan transportasi ramah lingkungan seperti sepeda, menghemat listrik dengan mengurangi penggunaan hal – hal yang tidak perlu. Bila bumi ini terjaga maka kesimbangan alam akan terjaga pula, sehingga pandemi seperti ini tidak akan terjadi seluas ini. Semoga bermanfaat.Terimakasih J J J

  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar